Berita Berbahasa Indonesia di Australia


…jangan kuatir ketinggalan perkembangan berita Indonesia dan merasa asing selama di Australia, karena setidaknya, ada program yang bisa membuat kita “serasa di kampung halaman”, walaupun itu hanya dalam waktu 40 menit…

Tinggal di luar negeri kadang bisa memberikan sudut pandang yang berbeda terhadap pernak-pernik Indonesia. Hal yang dulunya dianggap biasa dan kurang diperhatikan bisa menjadi sangat berarti saat hidup di negara lain. Seperti pada pagi itu, saat memilih acara di televisi Australia (yang gratis, bukan yang berbayar) untuk menemani waktu senggang, gerakan jari di remote control tiba-tiba berhenti saat mendengarkan berita dengan bahasa pengantar yang tidak asing bagi saya, bahasa persatuan negara asal saya, bahasa Indonesia. What? Ini kan Australia, kok ada berita dengan Bahasa Indonesia? Tidak cukup di situ keterkejutan saya, setelah melihat logo stasiun TV yang menyiarkan acara tersebut, saya semakin tercengang karena logo itu adalah logo stasiun TV yang sudah amat sangat lama tidak pernah saya tonton saat masih di Indonesia, stasiun TVRI.

Program TVRI yang ada di televisi Australia

Program TVRI yang ada di televisi Australia

Entah berapa banyak warga Indonesia yang saat ini masih menjadikan stasiun TV tertua di Indonesia ini pilihan utama dalam tontonan TV sehari-hari. Saya sendiri tidak pernah memperhatikan, atau bahkan mengapresiasi acara-acara yang ada di TVRI ketika berada di tanah kelahiran. Tetapi di sini, saya merasa sangat berterima kasih terhadap stasiun TV ini karena tidak hanya menyampaikan perkembangan berita dari berbagai penjuru nusantara, melihat program “Berita Malam” TVRI di pagi hari waktu Australia memberikan kesan tersendiri bagi saya dan mungkin warga Indonesia lainnya di sini. Sepertinya, saat ini saya baru bisa memaknai slogan “TVRI menjalin persatuan dan kesatuan”, karena stasiun TV ini bisa menjalin dan menjaga rasa Indonesia saya selama berada di negeri Kangguru.

Acara berita malam TVRI tersebut setiap harinya ditayangkan oleh stasiun TV SBS, lebih tepatnya SBS 2, mulai pukul 6.20 a.m. sampai 7.00 a.m. waktu Tasmania. Selain dalam program televisi, SBS juga menyiarkan berita berbahasa Indonesia yang bisa dinikmati lewat gelombang radio, untuk lebih jelas tentang program berbahasa Indonesia di SBS, silakan akses website resminya di sini.

Jadi, jangan kuatir ketinggalan perkembangan berita Indonesia dan merasa asing selama di Australia, karena setidaknya, ada program yang bisa membuat kita “serasa di kampung halaman”, walaupun itu hanya dalam waktu 40 menit.

Ditulis oleh Muhammad Arif Rahman

Leave a Message

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s